Jumat, 12 Desember 2014

II. Alat Bantu dan Kondisi Alat Bantu

Alat bantu (titik acuan) yang dipakai adalah 2 (dua) indikator MA atau Moving Average tetapi berbeda jenisnya yaitu:

1. LSMA 1D (lsma-hari warna merah biru)
2. SMA 1D (sma-hari warna hijau dengan BB SD 123)

Kedua alat-alat bantu tersebut dipasang pada time-frame M30 selanjutnya dipasangkan membentuk "slope" atau arah kecenderungan yang membantu melihat ke mana kecenderungan harga akan bergerak, yaitu pasangan sma-lsma-hari atau dengan istilah yang lebih umum:


  • slope-hari-hari terdiri dari LSMA 1D dan SMA 1D

      Baik slope-hari-hari maupun lsma-hari ditentukan kondisinya untuk memudahkan dalam melakukan analisa, berikut rinciannya:
      • Kondisi slope-hari-hari adalah: naik atau turun
      • Kondisi lsma-hari adalah: naik atau turun

      Gambar LSMA 1D dan SMA 1D di Time Frame M30 lengkap dengan BB SD 123.

      Ketika lsma-hari (warna merah biru) memotong naik sma-hari (warna hijau) adalah awal dari kondisi naik di slope-hari-hari, demikian sebaliknya ketika lsma-hari (warna merah biru) memotong turun sma-hari (warna hijau) adalah awal dari kondisi turun di slope-hari-hari. Kondisi naik atau turun tersebut adalah hasil analisa atau hasil dari pengamatan langsung di chart.

      Sedangkan kondisi naik/turun untuk lsma-hari adalah bila alat-bantu (titik acuan) tersebut mengarah naik atau turun yang terlihat secara visual, ini mudah diamati karena warna lsma dibedakan (umumnya saat lsma naik warnanya biru dan saat turun merah). Kondisi naik atau turun tersebut adalah hasil analisa atau hasil dari pengamatan langsung di chart.